Senin, 25 Januari 2010

Silaturahmi ala bisnis


Katanya, kalo mau nyontoh orang, maka banyak2lah silaturahmi pada orang itu, yahh... paling ga sapa mereka lewat chating, kalo belum kenal, cobalah untuk kenal dan memulai bertanya kabar dan sebagainya yang dapat memulai pembicaraan ke arah yang anda inginkan.
begitu juga dengan bisnis, rasanya tak syah bila tidak sering bersilaturahmi. Ternyata, mustahil orang dapat mengenal kita, jika kita terus berada di dalam rumah, tak pernah bergaul membuat kita dan bisnis kita akan semakin mengkerut terlindas arus perkembangan global yang pesat. Bisnis mustahil dilakukan oleh orang yang tak bisa mengakrapkan diri dengan lingkungan dan alam. Karena sesungguhnya manusia adalah makhluk sosial yang utuh. yang selalu bisa bercita2 untuk maju dan berkembang.
Busnis yang sehat adalah yang memiliki grafik naik. Yang selalu dibutuhkan dan menjadi agenda utama di setiap pembicaraan. Tapi memang tak semua bisnis yang baik yang menjadi pembicaraan. Namun, paling tidak orang yang membutuhkannya selalu ingin bersinggungan dengan bisnis kita.
Jika kita mampu meneropong bisnis yang saat ini sedang naik daun, mereka tak ubahnya seperti gurita yang semakin besar. Bagaimana semua itu bisa berjalan bahkan menggerakkan roda dunia, berpengaruh dalam setiap lini kehidupan? semakin dalam kita pelajari, bisnis ini tak ubahnya seperti udara yang mengalir sampai k paru2 setiap makhluk.
Lihat saja bisnis mode. Mereka bisa begitu cepat "bergaul" dengan pasar. Mereka bahkan menguasai hajat hidup orang banyak. Masyarakat disibukkan dalam hal itu. Mereka menciptakan trend dan mode yang menampilkan suatu standar hidup, sehingga orang berlomba untuk memenuhi standar tersebut dengan bekerja. Dan jangan salah, industri tekstil saat ini telah menyerap jutaan bahkan milyaran manusia di muka bumi ini. Mereka kemudian menjadi desaigner, perancang pakaian, penjahit, pegawai pabrik garmen, buruh pabrik, penjual kain, pemasok kain, petani kapas, kurir bahan baku, pengusaha jasa kepabeanan demi untuk pelayanan terhadap ekspotir dan importir, semua berputar seberkembangnya trend dan permintaan mode baju. Sehingga gerak mode ini menjadi semakin besar dan mempengaruhi bidang yang lain. Industri kimia menjadi menggurita dan excelent disebabkan permintaan berbagai bahan kimia untuk pakaian. Arus perdagangan dan design seni aksesoris pakaian menjadi seperti idea yang selalu baru demi menampilkan kecanggihan yang diidamkan perkembangan berpikir.
Begitulah pada akhirnya bisnis menjadi ladang untuk mempengaruhi kehidupan. Sedangkan jika kita mencari model silaturahmi yang bermanfaat, elegan, dan berpengaruh, mungkin kita bisa memilih silaturahmi ala bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar