Senin, 25 Januari 2010

Jangan membatasi Rejeki


Ya Allah... berikanlah rejeki yang halal dan barokah.... dan cukupkanlah kami dengan pemberianMu itu, jagalah kami dari sifat boros membelanjakannya berlebihan dan tak sesuai dengan tempatnya." berdoa adalah senjata utama untuk tetap bersamaNya.
"Memintalah maka Aku akan memberi" kata Allah... dalam buku suciNya. ya, meminta pada Allah, bersandar hanya padaNya. hanya itu sebaik2 manusia, setelah itu tawakal, dan berserah, kemudian ridho dengan apa yang diberikan. meminta dengan ikhlas, mengharapkan Dia memberi dan Yakin akan pemberianNya. Hmmmm.... menenangkan, sambil tak membatasi permintaan itu. Karena Allah Maha Luas... Dia Maha Besar. Maka jangan sekali2 membatasi pemberiannya, dengan pikiran2 kita, dengan logika2 kita yang mampu berfikir pada batas tertentu. Tuhan itu tak bisa di batasi. Karena segalanya adalah milikNya. dan Dia memberikan kepada siapa yang dikehendakiNya, dan menangguhkan pemberian dari siapa yang dikehendakiNya. Dia Maha Tau kebutuhan seseorang. Kalau dia mau, Maka Dia akan memberikan semuanya yang diperlukan tanpa meminta.
Meminta pada Tuhan atas rejeki misalnya, menurut saya ada 2 cara, yang pertama dengan memohon melalui kata2, dan yang kedua adalh memohon melalui kerja nyata, usaha atau ikhtiar tanpa henti. Karena Dia Tak akan merubah nasip suatu kaum tanpa usaha dari kaum itu. Jelaskah permintaan akan sempurna melaui usaha dan doa.
Ibarat dengan manusia, kita akan susah dan lama jika meminta pada orang yang tak kita kenal. Namun jika orang itu dekat terlebih hubungan kita baik dengannya, maka rasa segan itu sedikit akan berkurang dalam diri kita, sebaliknya teman yang akan menolong kita akan mudah memberikan bantuan ketimbang orang yang sedikit dikenalnya. Analogi ini mungkin mewakili pemikiran kita akan Pemberian Allah Pada kita, namun, tentu Allah akan sangat berbeda dengan itu semua, karena Dia Rahmatanlil'alamin, Dia mengenal satu persatu makhlukNya. Dia Maha Berkasih sayang. Dia tak pernah lalai pada makhlukNya. maka dari itu meminta dengan kadar kedekatan lebih banyak akan lebih memudahkan kita mendapatkan kasih sayangNya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar