Selasa, 09 Maret 2010

Makna bijak pada kehidupan

Kenyataan terkadang memberikan aliran nasehat yang paling baik bagi kehidupan. kenyataan berumah tangga tak selamanya manis dan membahagiakan. Mungkin kehadiran banyak pihak justru memberikan taburan duri yang tanpa sengaja terinjak. membuat nyeri bahkan mengalirkan darah yang seharusnya tersimpan.
Membangun keluarga berarti membangun zaman dan peradaban. banyak hal yang harus kita lakukan. bukan masih saja bergantung atas kondisi orang lain. Meski mereka adalah bagian hidup kita yang terpenting. Perlu kedewasaan menghargai perubahan tanggungjawab dan moralitas antara kita dan kehidupan.
Jika masing2 pasangan memiliki latar belakang dan kehidupan masing2, maka pernikahan dan keluarga membentuk semuanya itu menjadi background panggung keluarga. Namun, jika background itu terlalu menonjol, maka akan bertabrakan dengan nuansa sebenarnya yang ingin ditampilkan. Kedewasaan manajemen ini sebenarnya muncul ketika kita sadar akan sosok kita sebagai apa. Tak selamanya kebersamaan dengan lingkungan yang kita anggap penting itu menjadi alasan bahwa kita memperhatikan mereka. bBukan kebersamaannya, tapi manfaat dan kualitasnya yang terpenting.
Bukan banyak waktunya yang diperlukan untuk menunjukkan bahwa kita adalah anggota keluarga yang paling perhatian dan paling sayang, namun kualitas pertemuan itu yang membuat semuanya berarti sehingga menjadikan kesan indah tanpa mengurangi rasa yang ada di dalamnya. Kalo ditanya kangen tidak dengan keluarga,mungkin tak perlu ditanya saya selalu menyelipkan rindu ini pada setiap doa pada Penjaga Yang Paling Baik di muka bumi ini. Tapi apakah lantas rasa itu menjadikan saya tak melepaskan mereka dari pandangan mata saya, dalam artian saya harus tetap berada di sisi mereka hingga berakhirnya kehidupan? sesuatu yang bijak bukan dilakukan dengan begitu ekstrim. Ada saat dimana kita bertemu dan berpisah, namun letakkan mereka diruangan jiwa kita yang terdalam... Sehinggga pada saatnya kita membuka mereka dan menghadirkan setiap waktu dimana kita mampu memcurahkan semua rasa kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar