Rabu, 11 Mei 2011

Bento Bento.....

Paling seneng klo sudah berkhayal all about bento. Mata terasa bening mengamati warna dan bentuk dunia bento semakin didalami semakin pengen menyelam lebih dalam lagi. Berbagai blog dalam searching akhirnya ngejajar di window ampe penuh.. hehehe demi berguru tentang bento. Akhirnya mengenal nama2 asing terkait makanan dari jepang itu.

Sejarah Bento
Bento punya sejarah ternyata, makanan ini berasal dari jepang dan mulai ada pada tahun 1200an masehi. Namun bentuknya masih sangat sederhana, hanya nasi kering yang ditaroh d tas dan direndam air ketika akan dimakan. Nah, kemudian bento mulai naik daun an dikenal dimana-mana sejak zaman Edo th 1603-1867 dimana budaya makin beragam di jepang. Kira2 bentuknya seperti ini :
Kemudian tahun 1900an bento tak lagi eksis yakni pada masa Thaiso. Dan kembali hadir sekita tahun 1980an dengan penampakan yang praktis dengan wadah plastik.

Bento tak lain...
adalah bekel makan siang yang biasa dibawakan oleh orang tua di jepang untuk anak2 mereka saat ke sekolah. Karena di sana, anak diwajibkan membawa bekal sehingga tak ada cerita jajan sembarangan di sekolah.... Maka itu, para ibu berlomba menyajikan bento yang enak bergizi dan menarik sehingga anak2 suka. Orang jepang jga dituntut untuk kreatif dan cepat dalam penyajiannya. makanya sepenarnya menu ini mengajarkan filosofi yang baik untuk kita. Begitulah dan pada akhirnya bento menjadi terkenal di dunia. Bahkan di indonesia, bento mulai geliat pada sekitar 2009an klo g salah.

Macamnya....
Wah... saat hunting contoh2nya, bingung mana yang harus disimpan. lihat saja gambar beriku, anda pasti 'berbinar' melihat menunya yang lucu dengan karakter beragam.

Tentu saja ini merupakan bagian dari seni yang klo setiap hari dpraktekkan... wah bisa jadi chef bento sejati..... Menurut banyak sumber, bento tebuat dari beberapa jenis makanan yakni nasi, lauk yang mengandung protein misal daging dan ikan, sayur dan buah. Menghiasnya pun sebenarnya terdapat teknik2nya, bahkan saat ini banyak toko online yang menjual bento stuff mulai dari mold2an (alat cetak nasi/onigiri, telur), berbagai puncher untuk sayur, nori, dan juga alat lain yang mendukung...

Namun...
Dari hati saya, bertanya, kenapa ya bento bisa mendunia dan mempengaruhi selera perut orang sampai keluar jepang, mempengaruhi pemandangan akan makanan, sehingga orang kita, maksudnya orang indonesia jg mulai merespon bento dengan sangat positif. Terus... hmmm... sebenarnya nenek moyang kita jga punya kreasi 'bento'nya sendiri....
wahh... masak??? bener....!!! ga percaya??? coba liat yang di bawah :

Hmmmm..... inilah bento dari ndonesia yang sungguh nikmat itu... Tumpeng!!! hahaha mungkin anda akan sangat aneh, beda banget.. tentu saja, ini karena beda kultur antara para pembuatnya.
trus kenapa sya menggolongkannya dalam 'dunia' yang boleh dibilang 'sama'?? hmmm tentu saja banyak alasannya... persamaan dan perbedaan keduanya???.... simak kisah berikutnya

Sumber tulisan dan gambar : Berbagai web

Tidak ada komentar:

Posting Komentar