Kamis, 27 Agustus 2009

Sesaji di Goa Jepang


Pernah mengunjungi "Dago Pakar"? Disana terdapat 2 goa bersejarah bagi perjuangan indonesia. Goa belanda dan goa jepang. Letaknya tepat di lereng bukit dan memiliki bentuk interior yang bila dilihat sekarang cukup menyeramkan, entah digunakan untuk apa pada zaman penjajahan dulu. yang jelas ketika berkunjung ke sana agaknya menimbulkan kesan angker, apalagi jika melihat dinding dan ruangan2 yang sesekali tembus ke ruang lain.
Nah, di Goa jepang, tepatnya berada sebelahan dengan goa Belanda, terdapat sebuah ruangan yang cukup tersembunyi. mungkin ini ruang meeting. atau tempat menyusun rencana para serdadu jepang waktu itu. Untuk masuk kedalam, kita harus melewati sebuah lubang yang cukup sempit dan hanya bisa dilewati oleh satu orang saja. di dalamnya jelas gelap tanpa pencahayaan. Atapnya pun hanya setinggi kira2 2 meteran. namun yang mengherankan, kenapa di ujung ruangan yang memang agak menjorok ini terdapat beberapa sejaji yang entah apa saja isinya, yang jelas, sewaktu kesana, rasanya malas mendekatinya, walaupun rasa penasaran itu ada, namun rasa enggan dan suasanya yang gelap memuat urung untuk mendekat.
Hmm... saat ini mungkin tempat2 seperti ini justru menjadi alat untuk bermistis ria... Bagaimana ya nasip penerus negeri, jika tempat yang dinilai bersejarah justru menimbulkan kesan angker... justru bukan sejarah perjuangan yang diingat setelah pulang dari sana, tapi aroma angker yang masih merayap di kuduk para pengunjung...
Bagaimana menurut anda? apakan tempat bersejarah di lingkungan anda juga demikian?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar