Kamis, 19 Januari 2012

Membuat Boneka tangan dan panggungnya




Dapet inspirasi buat bikin panggung boneka sendiri di rumah, dengan memanfaatkan fasilitas yang ada seperti kain flanel, karton bekas, tusuk es krim dan banyak lainnya, misal seperti gambar2 diatas....

Selasa, 17 Januari 2012

The amazing of "apa"

Hati saya berbunga saat putri saya Cenna yang berusia 18 bulan mengatakan "apa". Sambil membawa sebuah alpukat dia menghampiri saya di kamar mandi, waktu itu saya sedang meletakkan ember yang barusaja dipakai. hah... Cenna mengatakan apa demi ingin tau apa nama buah yang dipegangnya. Sebuah keajaiban pemahaman eorang Cenna menurut saya. Bahwa dia telah memahami kata dan mengungkapkan keingintahuannya akan benda di sekitarnya. Bahwa sekarang si kecil telah mengalami titik perkembangan pola pikir. Bahwa ia harus bertanya saat ia ingin tahu nama benda. "apa" adalah sebuah jendela untuk keluar dari keterasingan. Seorang anak yang awalnya hanya menerima informasi dari luar dirinya, sekarang setelah tau makna "apa" menjadi seorang pembuka jendela dunia yang mahir. Bahwa setiap benda punya nama, dan mereka memiliki pengertiannya sendiri. Bunda-bunda.... pernahkah mengalami keajaiban seperti yang saya rasakan ini.... keajaiban putra putri kita menemukan pemahaman. Saya jadi ingat saat seorang Hellen Kehler, saat itu ia berusia kira2 6 tahun yang buta, tuli dan bisu.... menemukan kembali keajaibannya dengan menyadari bahwa tiap benda punya nama. Yaitu saat ia memompa air, ia inggat masa kecilnya saat ibunya mengajari nama2 benda... maka sejak itulah ia sering bertanya "apa" ya, menanyakan pada gurunya, Ani Sulivan "what is? what is teacher?" ia bertanya "apa" hmmm....
Putri saya, Cenna juga mengalami keajaiban itu... ternyata benar, setiap anak punya keajaiban ini adalah keajaiban berikutnya yang saya peroleh dari si kecil saya.
Bunda... mari kita catatkan the child amazing dalam catatan kita masing-masing agar menjadi sejarah bagi dia dan kita.

Selasa, 03 Januari 2012

Keaksaraan…belajar membaca dan menulis untuk anak 2-3 tahun…



Main yang mendukung keaksaraan untuk anak usia 2-3 tahun :
  • Bernyanyi lagu dengan irama sederhana yang diulang-ulang disertai gerakan sederhana
  • membacakan buku yang sudah dikenal anak
  • bertepuk tangan dengan ritme berulang, misalnya plok plok- plok plok plok, plok plok-plok
  • bermain tepuk tangan sambil menyebutkan nama anak, misalnya : A-ni-ta, A-ni, Mar-li-na, Sa-e-ful, dst
  • merangkai dengan berbagai bentuk
  • melibatkan anak saat membereskan mainan yang sudah digunakannya untuk mengenal klasifikasi
  • bernyanyi dengan gerak dan irama sederhana, dilakukan berulang-ulang
  • membaca buku bersama anak secara berulang terus menerus
  • puzle bentuk
  • meronce
  • menghadirkan buku-buku yang palingdisukai anak
Kegiatan yang mendukung kemampuan menulis anak 2- 3 tahun :
  • membuat coretan pada kertas besar dengan crayon atau spidol
  • membuat coretan dengan batang kayu di tanah atau pasir
  • melukis dengan cat jari
  • menjepit biji-bijian atau buah-buahan terbuat dari kayu dengan wadah dan penjepit
  • mengocok air sabun dengan alat pengocok telur
  • meremas : daun, koran bekas, parutan kepala, ublek, tanah lempung, playdough, dll
  • mencetak playdough, tanah liat, pasir basah dengan cetakan huruf
  • Kegiatan menggunting : kertas bekas dengan berbagai ketebalan, daun atau bahan lainnya
Ket :Materi Rapat Orangtua RA Istiqlal 1 Maret 2008